Pelajar Indonesia di tuntut agar aktiv belajar. Maka saya turut berpartisipasi khususnya sebagai penyedia layanan agar sama-sama kita dapat menjadi aktiv belajar!!

Cari Blog Ini

Kamis, 16 Mei 2013

PIDATO TENTANG NARKOBA



Bagi sobat yang di beri Tugas Buat PIDATO nih saya berikan cuma-cuma silahkan Copy dan edit sesukanya!! 
  
pidato ini kira-kira durasinya 8-10 menit,,
Mohon untuk menghargai penulis Tinggalkan Comment yah!!!

Assalamualaikum Wr,Wb.


Yang kami hormati Bapak kepala Sekolah SMPN 12 Kendari, yang kami hormati Bapak/Ibu guru dan teman-teman serta hadirin yang sama berbahagia.


Pertama tama kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah swt. yang mana dangan ridho dan karunianya kita dapat berkumpul di ruangan ini, guna melaksanakan ujian praktek Bahasa Indonesia.


Tak lupa saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk berpidato pada hari ini.


Hadirin dan teman-teman sekalian,


Indonesia adalah Negara maritim luas dan diapit oleh 2 Benua dan 2 Samudra sehingga Negara kita menjadi tempat yang strategis, seperti dalam kegiatan ekonomi ekspor,impor , dan persinggahan kapal terbang dan kapal laut internasional. Namun di balik kelebihan tersebut ada beberapa kekurangan/dampak Negatifnya salah satunya yang akan kita bahas kali ini yaitu penyebaran Narkoba di kalangan remaja.


Dengan letak Indonesia yang telah di jelaskan tadi,para mafia narkoba mudah menjadikan negri kita ini sebagai lumbung dari barang haram tersebut. Tidak hanya Mengkonsumsi namun juga memproduksi dan mendistribusikanya.


Hadirin dan teman-teman sekalian,


Saya yakin teman-teman maupun Bapak/ibu guru pasti tidak asing dengan namanya NARKOBA , Jadi saya tidak perlu lagi menjelaskan pengertian Narkoba,Namun yang akan kita bicarakan adalah dampak  dari penggunaan bahan tersebut dan Upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.


Hadirin dan teman-teman sekalian,


Rokok dan Narkoba memang memiliki hubungan yang eret karena penggunaan narkoba dikalangan pelajar biasanya di awali dengan merokok .kita ketahui bahwa di dalam rokok terdapat zat adiktif yaitu Nikotin yang dapat menimbulkan ketergantungan,pada saat siswa telah ketergantungan dengan rokok bisa saja dia mencari sesuatu yang baru untuk dicoba yaitu seperti miras (minuman keras)  dan berlanjut ke Narkoba.


Ketika seorang sudah menjadi pencandu narkoba maka berarti ia dapat dikatakan rusak fisik dan rusak jiwa.kenapa saya mengatakan itu,karena seorang pecandu pasti mengalami kerusakan fisik seperti rusak berbagai organ tubuh dan rusak batin seperti perasaan yang tidak pernah tenang.



Hadirin dan teman-teman sekalian


Sekarang anak muda dan teman-teman sebagai perokok sudah lebih pintar mereka sudah memiliki slogan contohnya : Merokok Mati Tidak Merokok Mati Lebih baik merokok sampai mati.


Memang setiap orang pasti akan mati, namun jika dia mati karena rokok begitu ruginya ia.mulai dari rugi di bidang agama mendapat dosa karena mubazir harta karena merokok sama saja kita membakar uang.


Hadirin dan teman-teman sekalian


Tentunya kita tidak mau saudara,kerababat,maupun sahabat kita terjebak dalam jeratan narkoba,maka harus ada  Upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. AdapunHal yang dapat kita lakukan adalah bekerjasama dengan pihak yang berwenanguntuk melaksanakan penyuluhan maupun razia dadakan.


Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar


Adapun cirri-ciri dini pecandu seperti :


1. anak menjadi pemurung dan penyendiri
2. wajah anak pucat dan kuyu
3. terdapat bau aneh yang tidak biasa di kamar
4. matanya berair dan tangannya gemetar
5. nafasnya tersengal dan susuh tidur
6. badannya lesu dan selalu gelisah
7. anak menjadi mudah tersinggung, marah, suka menentang orang.


Yang tak kalah penting adalah, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan dalam diri kita sendiri. Karena salah satu penyebab terjerumusnya kita ke dalam lingkaran setan ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang kita serap serap, sehingga perbuatan tercela seperti ini pun, akhirnya mereka jalani.


Jika kita mendapatkan seorang pecandu maka janganlah mencampakannya namun berilah dia perhatian dan nasehat seputar narkoba agar dia sadar dan maudan ikut rehabilitasi.




Untuk itu marilah kita semua hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan atau penyalahgunaan narkoba, khususnya di sekolah kita ini dan kalangan remaja lainnya.


Mulailah untuk membentengi diri kita sendiri terhadap jerataan narkoba,salahsatunya langkah kecil yang dapat kita ambil adlah menjauhi rokok.


Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.


Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



2 komentar: